Sunday, September 3, 2017

BIODATA R.H.SIANIPAR





Lahir di Pematang Siantar 25 April 1977
Soft Dev, Penulis Buku IT, dan Kriptolog
CV Rismon Hasiholan Sianipar
Email: rh.sianipar@gmail.com




KANAL YOUTUBE EDUKASI:


Dr.Eng Rismon H. Sianipar, S.T, M.T, M.Eng lahir di Pematang Siantar pada tanggal 25 April 1977. Setelah lulus dari SMAN-3 Pematang Siantar, pada tahun 1994 penulis merantau ke kota Jogjakarta. Pada tahun 1998 dan 2001 penulis menyelesaikan pendidikan Sarjana Teknik (S.T) dan Magister Teknik (M.T) keduanya di Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada, di bawah bimbingan Prof. Dr. Adhi Soesanto dan Prof. Dr. Thomas Sri Widodo, dengan fokus penelitian pada sinyal-sinyal tak-stasioner dengan menganalisa energinya menggunakan peta waktu-frekuensi. Karena sifatnya yang tak-stasioner, sebaran energi sinyal menjadi sangat dinamis pada peta waktu-frekuensi. Dengan memetakan sebaran energi pada bidang waktu-frekuensi menggunakan transformasi wavelet diskret, seseorang dapat merancang tapis tak-linier sehingga bisa menganalisa watak dan pola data yang terkandung di dalamnya.



Pada tahun 2003, penulis mendapatkan beasiswa Monbukagakusho dari Pemerintah Jepang. Pada tahun 2005 dan 2008, dia menyelesaikan pendidikan Master of Engineering (M.Eng) dan Doctor of Engineering (Dr.Eng) di Universitas Yamaguchi, di bawah bimbingan Prof. Dr. Hidetoshi Miike. Baik pada tesis master dan pada tesis doktoralnya, R.H. Sianipar menggabungkan kekuatan tapis tak-linier Fitzhugh-Nagumo dengan kriptosistem ECC (elliptic curve cryptography) baik untuk menekan derau pada citra digital dan video digital maupun mempertahankan otentikasinya. Hasil penelitian ini telah didokumentasikan dalam jurnal ilmiah internasional dan dipatenkan secara resmi di Jepang.

Ia aktif melakukan penelitian dengan beberapa universitas dan lembaga riset di Jepang, khususnya pada bidang kriptografi, kriptanalisis, dan forensik audio/citra/video digital. R.H. Sianipar juga memiliki pengalaman dalam melakukan metode pemecah-kode (kriptanalisis) atas sejumlah data intelijen yang menjadi objek kajian penelitian di Jepang. R.H. Sianipar memiliki sejumlah paten Jepang, dan telah menulis sejumlah artikel ilmiah nasional/internasional, dan puluhan buku nasional. R.H. Sianipar juga pernah mengikuti sejumlah workshop yang berkaitan dengan kriptografi, kriptanalisis, digital watermarking, dan forensika digital. Pada sejumlah workshop tersebut, R.H. Sianipar membantu Prof. Hidetoshi Miike untuk menciptakan aplikasi-aplikasi yang berkaitan dengan steganografi, kriptografi, watermarking, penapisan tak-linier, visi komputer berbasis deskriptor cerdas, dan lainnya, yang digunakan sebagai bahan pelatihan.

Bidang ketertarikan pengkajian R.H. Sianipar adalah keamanan multimedia, pemrosesan sinyal/citra/video digital, kriptografi, komunikasi digital, forensik multimedia, dan kompressi/pengkodean data. Sampai saat ini, R.H. Sianipar tetap kontinyu mengembangkan aplikasi-aplikasi yang berkaitan dengan analisis sinyal, citra, dan video digital, baik analisis untuk kepentingan penelitian maupun untuk kepentingan komersial berbasis bahasa pemrograman MATLAB, VB.NET, C#.NET, dan Java.

Salah satu aplikasi yang sedang dikembangkan saat ini adalah GUI Pemrosesan Sinyal, Citra, dan Video Digital, didesain agar dapat digunakan sebagai perangkat laboratorium, sebagai alat bantu riset, dan sebagai penunjang materi perkuliahan yang berkaitan dengan pemrosesan sinyal, citra, video digital, visi komputer, dan forensika digital. Perangkat Lunak GUI berbasis MATLAB ini awalnya dirancang pada awal tahun 2014. Pembaruan dilakukan sampai tahun 2017, khususnya untuk menambahkan tabel dan grafik parameter-parameter kinerja. Ini dilakukan agar perangkat lunak ini dapat dipakai baik oleh mahasiswa maupun para periset di bidang pemrosesan citra dan video digital dengan tunduk pada kaidah-kaidah ilmiah yang berlaku. Pembaruan pada GUI tersebut, yang dilakukan pada tahun 2017, dipicu oleh kasus Jessica Kumala Wongso, dimana R.H. Sianipar berkesempatan dihadirkan sebagai saksi ahli IT dan forensika digital oleh pengacara Prof. Dr. Otto Hasibuan.

Pada kesempatan itulah, didapati fakta bahwa betapa perangkat lunak yang dipakai oleh penyidik untuk aplikasi visi komputer (khususnya untuk pengenalan pola, sidik jari, dan wajah) dan aplikasi forensika digital seperti fotometri, pencocokan wajah, pencocokan sidik jari, kriptografi, dan steganografi SANGAT BERGANTUNG pada perangkat lunak buatan luar negeri khususnya Amerika Serikat. Karena buatan oleh pihak ketiga (dalam hal ini negara-negara maju), maka pengguna (khususnya penyidik kepolisian) piranti-lunak buatan asing tersebut tidak mengetahui isi kode yang ada di dalamnya. Parahnya lagi, karena hanya sebagai user, piranti lunak yang dipakai menjadi cukup usang bila tidak membeli versi barunya. Banyak algoritma mutakhir tentu tidak tercantum pada versi piranti lunak usang.

Selain berbahaya, penegakan hukum di Indonesia sangat bergantung oleh piranti lunak buatan asing, dan user tidak bisa membuka kode program yang ada di dalamnya untuk membuktikan apakah proses numerik di dalamnya benar atau tidak. Atas dasar semangat itu, perangkat lunak yang dirancang ini diharapkan menjadi alat bantu alternatif dan pembanding yang bisa dipakai sebagai perangkat riset dan perangkat analisis forensik baik bagi kalangan periset maupun bagi mereka yang bekerja di institusi kepolisian. Dengan membuat piranti lunak sendiri, kode program yang ditulis dapat dibuka di depan hakim dan diperiksa oleh pihak ketiga yang kompeten dan independen, untuk membuktikan benar tidaknya proses numerik yang terlibat di dalamnya, demi tegaknya hukum yang berkeadilan di Indonesia. Secara bersamaan, R.H Sianipar dan tim sedang mengembangkan piranti lunak ini berbasis Visual Basic.NET dan C#.NET untuk mengefisiensikan biaya dan waktu komputasi, khususnya proses numerik yang berkaitan dengan kriptografi, analisis citra, dan networking, dengan mengandalkan pustaka .NET yang sangat kaya dengan kelas dan fungsi pendukung.


Identitas
Nama : Rismon Hasiholan Sianipar
Pekerjaan : Soft Dev, Penulis, dan Cryptanalyst
Tempat / Tgl.Lahir : Pematang Siantar, 25 April 1977
Alamat KTP : Jl. Medan No.27 Pematang Siantar, Sumatera Utara


Riwayat Studi
SD Negeri 2 Dolok Ulu Simalungun, SMP Katolik Cinta Rakyat 4 Sinaksak Jalan Medan Pematang Siantar, SMA Negeri 3 Pematang Siantar, Sarjana Teknik Elektro (S.T) UGM (1994), Magister Teknik Elektro (M.T) UGM (2000), Master of Engineering & Doctor of Engineering (M.Eng dan Dr.Eng) Graduate School of Science and Engineering Yamaguchi University JEPANG (2006 & 2008).



Beasiswa

Penerima beasiswa master dan doktoral dengan program Monbukagakusho dari pemerintah Jepang pada tahun 2003-2008.



Tesis Magister (M.T)

“Kapabilitas Resolusi Metode-metode Estimasi Spektral Daya Pada Isyarat Stasioner dan Non-stasioner”, Magister Teknik Elektro UGM, 2000.



Tesis Master of Engineering (M.Eng)

“Generating 4096 bit key of elliptic-curve cryptography implemented on Securing Oracle Database”, Master of Engineering, Yamaguchi University, 2006.



Tesis Doctor of Engineering (Dr.Eng)

“To implement stochastic reaction-diffusion based elliptic-curve cryptography in securing 2D dan 3D data”, Doctor of Engineering, Yamaguchi University, 2008.



Pengalaman Profesional

Pernah bekerja dengan sejumlah institusi riset di Jepang, mulai tahun 2008 sampai 2014, dengan objektif utama melakukan proses cryptanalysis terhadap kode-kode tersandi. Sampai saat ini, tetap menangani sejumlah kasus database security dan cryptanalysis, di banyak perusahaan di pelbagai negara.




Penghargaan
  1. POSTGRESQL FOR JAVA GUI by Vivian Siahaan and Rismon Hasiholan Sianipar made it to BookAuthority's best Databases books of all time! 
  2. POSTGRESQL FOR JAVA GUI by Vivian Siahaan and Rismon Hasiholan Sianipar made it to BookAuthority's best Image Processing books of all time! 
  3. FROM ZERO TO JDBC HERO by Vivian Siahaan and Rismon Hasiholan Sianipar made it to BookAuthority's best new SQLite books!
  4. Fluent OpenCV-Python GUI with SQL Server by Vivian Siahaan and Rismon Hasiholan Sianipar made it to BookAuthority's best new OpenCV books!
  5. JAVA GUI WITH MYSQL by Vivian Siahaan and Rismon Hasiholan Sianipar made it to BookAuthority's best Databases ebooks of all time!
  6. MariaDB with Java GUI for Cryptography and Image Processing by Vivian Siahaan and Rismon Hasiholan Sianipar made it to BookAuthority's best MariaDB books of all time!
  7. Learning MariaDB by Vivian Siahaan and Rismon Hasiholan Sianipar made it to BookAuthority's best new MariaDB books!
  8. Learning PyQt5 with MariaDB for Absolute Beginners by Vivian Siahaan and Rismon Hasiholan Sianipar made it to BookAuthority's best MariaDB ebooks for beginners!
  9. A PRAGMATIC APPROACH TO Database Programming with JDBC and MySQL by Vivian Siahaan and Rismon Hasiholan Sianipar made it to BookAuthority's best MySQL books of all time!
  10. STEP BY STEP Database Programming with JDBC and PostgreSQL by Vivian Siahaan and Rismon Hasiholan Sianipar made it to BookAuthority's best PostgreSQL books of all time!
  11. The Ultimate Guide to Professional Database Programming with Python and PostgreSQL by Vivian Siahaan and Rismon Hasiholan Sianipar made it to BookAuthority's best new PostgreSQL ebooks!
  12. STEP BY STEP Database Programming with JDBC and PostgreSQL by Vivian Siahaan and Rismon Hasiholan Sianipar made it to BookAuthority's best new PostgreSQL books!
  13. 7 Best New JDBC Books To Read In 2019





Patent Jepang


Jurnal Ilmiah Internasional


Prosiding Seminar Internasional


Jurnal Ilmiah Nasional


Rismon Hasiholan Sianipar & Sjamsjiar Rachman, “Paket Wavelet Coifman Biorthogonal (PWCB) untuk Kompressi Citra Diam : Perbandingan dengan Paket Wavelet Coifman Orthogonal (PWCO), Jurnal Teknik Elektro Universitas Kristen Petra, 2002.



Hibah Penelitian
Rismon Hasiholan Sianipar dan I Ketut Wiryajati, “Steganografi berbasis penanaman kunci jamak dengan sistem kriptografi kurva eliptis”, STRATEGI NASIONAL, DIRJEN DIKTI, 2010.

Rismon Hasiholan Sianipar dan I Ketut Wiryajati, “Teknik Segmentasi dan deteksi citra biomedis dan citra biometrik menggunakan SR-FHN (stochastic-resonance Fitzhugh-Nagumo)”, HIBAH BERSAING, DIRJEN DIKTI, 2011.


International Book Chapter



Buku SPARTA PUBLISHING Amazon
  1. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Java In Action: An Excellent Guide to Explore JDBC And Database Applications”, 9781712327333, SPARTA Publishing.
  2. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Java In Practice: JDBC And Database Applications”, 9781712286678, SPARTA Publishing.
  3. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Think PyQt: A Smarter Way to Explore MariaDB and SQLite Driven Programming”, 9781711653815, SPARTA Publishing.
  4. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Learn PyQt The Hard Way: A Quick Start Guide to PostgreSQL and SQLite Driven Programming”, 9781711384313, SPARTA Publishing.
  5. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Learn PyQt By Example: A Quick Start Guide to MySQL and SQLite Driven Programming”, 9781711134468, SPARTA Publishing.
  6. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Learn JDBC By Example: A Quick Start Guide to MariaDB and SQL Server Driven Programming”, 9781711043302, SPARTA Publishing.
  7. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Learn JDBC The Hard Way: A Hands-On Guide to PostgreSQL and SQL Server Driven Programming”, 978-1710828412, SPARTA Publishing.
  8. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Learn JDBC the Hard Way: A Hands-On Reference to MySQL and SQL Server Driven Programming”, 978-1710755695, SPARTA Publishing.
  9. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “A Walkthrough, Database-Driven Programming with Java GUI for Pragmatic Programmers”, 9781708564698, SPARTA Publishing.
  10. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “A Walkthrough, Database-Driven Programming with Python GUI for Pragmatic Programmers”, 9781708516307, SPARTA Publishing.
  11. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Learn Python in One Week: The Crash Course to Develop Database-Driven Projects”, 9781708992583, SPARTA Publishing.
  12. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Learn Java in One Week: The Crash Course to Develop Database-Driven Projects”, 9781709046339, SPARTA Publishing.
  13. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “MS Access And SQL Server Crash Course: A Step by Step, Project-Based Introduction to Java GUI Programming”, 9781708056858, SPARTA Publishing.
  14. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “MS Access And SQL Server Crash Course: A Step by Step, Project-Based Introduction to Python GUI Programming”, 9781707996520, SPARTA Publishing.
  15. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “MariaDB And PostgreSQL Crash Course: A Step by Step, Project-Based Introduction to Python GUI Programming”, 9781707959181, SPARTA Publishing.
  16. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Building Three Java GUI Applications Using MySQL, MariaDB, and PostgreSQL”, 9781706830726, SPARTA Publishing.
  17. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Building Two Desktop Applications Using Python GUI and MySQL”, 9781706260646, SPARTA Publishing.
  18. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Building Three Desktop Applications Using Java GUI and PostgreSQL”, 9781706591207, SPARTA Publishing.
  19. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “BUILDING TWO DESKTOP APPLICATIONS USING PYTHON GUI AND POSTGRESQL”, 9781706337270, SPARTA Publishing.
  20. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “BUILDING THREE DESKTOP APPLICATIONS USING JAVA GUI AND MYSQL”, 9781706395577, SPARTA Publishing.
  21. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Building Two Desktop Applications Using Python GUI and MariaDB”, 9781706121664, SPARTA Publishing.
  22. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Building Three Desktop Applications with SQLite and Java GUI”, 9781705407097, SPARTA Publishing.
  23. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Database and Image Processing Using Java GUI and Microsoft Access”, 9781704410425, SPARTA Publishing.
  24. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Database and Image Processing Using Python and Access”, 9781704189987, SPARTA Publishing.
  25. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Database and Image Processing Using SQL Server and Python”, 9781704121710, SPARTA Publishing.
  26. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “CRYPTOGRAPHY AND IMAGE PROCESSING with Java GUI and SQLite”, 9781704114965, SPARTA Publishing.
  27. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Access Database with JDBC: A Hands-On, Step-by-Step to Build Java GUI Projects for Pragmatic Programmers”, 9781699384015, SPARTA Publishing.
  28. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Access Database Crash Course: A Comprehensive, Project-Based Guide For Python Programmers”, 9781699297285, SPARTA Publishing.
  29. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Access Database for Pragmatic Programmers: A Step by Step Guide to Create Database-Driven Application Using Python”, 9781699124154, SPARTA Publishing.
  30. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “MASTERING SQL SERVER with Java GUI for Pragmatic Programmers”, 9781698392554, SPARTA Publishing.
  31. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “LEARNING SQL SERVER: A self-study to easy implement database-driven Java GUI applications”, 9781698204444, SPARTA Publishing.
  32. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Mastering Java: A self-study to easy implement sqlite-driven GUI applications”, 9781697994049, SPARTA Publishing.
  33. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Python GUI: For Signal and Image Processing”, 9781697574364, SPARTA Publishing.
  34. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “FROM ZERO TO JDBC HERO: GUI Development for SQLite-Based Applications with NetBeans”, 9781696804219, SPARTA Publishing.
  35. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “SQLite with JDBC for Beginners: Learn Fundamentals of Queries and Implement NetBeans-Based Projects Easily”, 9781696466707, SPARTA Publishing.
  36. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Learn SQLite with JDBC: Building Database-Driven Desktop Projects”, 9781696533638, SPARTA Publishing.
  37. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “From Zero To Python Hero: GUI Development for SQL Server-Driven Applications with PyQt”, 9781696461061, SPARTA Publishing.
  38. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Learn SQLite with Python: Building Database-Driven Desktop Projects”, 9781696314794, SPARTA Publishing.
  39. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “SQLite For Beginners: Learn Fundamentals of Queries and Implement PyQt-Based Projects Easily”, 9781696194372, SPARTA Publishing.
  40. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Fluent OpenCV-Python GUI with SQL Server: Building Responsive, Powerful Cross-platform, and Database-Driven Applications with PyQt”, 9781694665706, SPARTA Publishing.
  41. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Python GUI with SQL Server for Absolute Beginners: Building Responsive, Powerful Cross-platform, and Database-Driven Applications with PyQt”, 9781694413864, SPARTA Publishing.
  42. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “OpenCV-Python with PostgreSQL for Absolute Beginners: A Hands-On, Practical Database-Driven Applications”, 9781693294631, SPARTA Publishing.
  43. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “OpenCV-Python with MariaDB for Absolute Beginners: A Hands-On, Practical Database-Driven Applications”, 9781693435287, SPARTA Publishing.
  44. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “OpenCV-Python with MySQL for Absolute Beginners: A Hands-On, Practical Database-Driven Applications”, 9781693191831, SPARTA Publishing.
  45. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Learning PyQt5 with MariaDB for Absolute Beginners: A Hands-On, Practical Database Programming”, 9781691545476, SPARTA Publishing.
  46. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “LEARNING PyQt5: A Step by Step Tutorial to Develop PostgreSQL-Based Applications”, 9781691422647, SPARTA Publishing.
  47. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Learning MariaDB: A Comprehensive Approach to Developing Database-Driven Applications Using NetBeans”, 9781690730941, SPARTA Publishing.
  48. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “LEARNING PyQt5: A Step by Step Tutorial to Develop MySQL-Based Applications”, ISBN: 9781691345809, SPARTA Publishing.
  49. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Python GUI with MySQL: A Step By Step Guide to Database Programming”, ISBN: 9781686034343, SPARTA Publishing.
  50. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Postgresql For Python Gui: A Progressive Tutorial To Develop Database Project”, ISBN: 9781686474712, SPARTA Publishing.
  51. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “MARIADB WITH PYTHON GUI: A Hands-On, Project-Based Database Programming”, ISBN: 9781686885099, SPARTA Publishing.
  52. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “JAVA GUI WITH MYSQL: A Practical Approch to Build Database Project for Students and Programmers”, ISBN: 9781687411853, SPARTA Publishing.
  53. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “JAVA GUI WITH POSTGRESQL: A Practical Approach to Build Database Project for Students and Programmers”, ISBN: 9781687724847, SPARTA Publishing.
  54. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Java GUI With Mysql: Database And Image Processing, A Progressive Guide To Build Database Project”, ISBN: 9781688650503, SPARTA Publishing.
  55. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “POSTGRESQL FOR JAVA GUI: Database and Image Processing”, ISBN: 9781688940666, SPARTA Publishing.
  56. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “MYSQL FOR JAVA GUI: Database, Cryptography, and Image Processing”, ISBN: 9781689712934, SPARTA Publishing.
  57. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “POSTGRESQL FOR JAVA GUI: Database, Cryptography, and Image Processing”, ISBN: 9781689911122, SPARTA Publishing.
  58. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “MariaDB with Java GUI for Cryptography and Image Processing: A practical guide to build database-driven applications”, ISBN: 9781689911122, SPARTA Publishing.
  59. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “Step By Step Database Programming with JDBC and PostgreSQL”, ISBN: 9781093460988, SPARTA Publishing.
  60. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “A Pragmatic Approach to Database Programming with JDBC and MySQL”, ISBN: 9781093462692, SPARTA Publishing.
  61. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “A Practical Guide to Database Programming with PHP/MySQL”, ISBN: 9781093788983, SPARTA Publishing.
  62. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “The Self-Taught Coder: The Definitive Guide to Database Programming with Python and MySQL”, ISBN: 9781093671018, SPARTA Publishing.
  63. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “A Heuristic Database Programming with PHP/PostgreSQL”, ISBN: 9781094749426, SPARTA Publishing.
  64. Vivian Siahaan, Rismon Hasiholan Sianipar, “The Ultimate Guide to Professional Database Programming with Python and PostgreSQL”, ISBN: 9781093671018, SPARTA Publishing.



Buku Diterbitkan Oleh Penerbit ANDI dan Penerbit INFORMATIKA
  1. R.H. Sianipar, “Java Referensi Lengkap untuk Programmer”, 9789792965629, PENERBIT ANDI, 2019.
  2. R.H. Sianipar, “Matlab Untuk Pembelajaran Dan Riset Sinyal Digital”, 9786230101984, PENERBIT ANDI, 2019.
  3. R.H. Sianipar, “PHP Mysql Pemrograman Berorientasi Objek Bagi Programer”, 9786230100031, PENERBIT ANDI 2019.
  4. R.H.Sianipar, “Dasar Sistem Komunikasi Menggunakan MATLAB”, ISBN : 9789792971705, PENERBIT ANDI, 2019.
  5. R.H.Sianipar, “Dasar Sistem Kontrol Dengan MATLAB”, ISBN : 9789792971712, PENERBIT ANDI, 2019.
  6. R.H.Sianipar, “Dasar Pemrosesan Citra Digital Dengan MATLAB”, ISBN : 9789792966169, PENERBIT ANDI, 2018.
  7. R.H.Sianipar, “Sinyal Dan Sistem Dengan MATLAB”, ISBN : 9789792967937, PENERBIT ANDI, 2018.
  8. R.H.Sianipar, “Komputasi Untuk Sains Dan Teknik Dengan Matlab”, ISBN : 9789792965650, PENERBIT ANDI, 2018.
  9. R.H.Sianipar, “Dasar Analisis Dan Perancangan Pemrograman Berorientasi Objek Menggunakan Java”, ISBN : 9789792953039, PENERBIT ANDI, 2018.
  10. R.H.Sianipar, “Matlab Untuk Aljabar Linier Dan Matriks”, ISBN : 9789792953213, PENERBIT ANDI, 2018.
  11. R.H.Sianipar, “100 Kasus Pemrograman C#”, ISBN : 9789792953961, PENERBIT ANDI, 2017.
  12. R.H.Sianipar, “Visual Basic.NET Untuk Programer”, ISBN: 978979-2958843, PENERBIT ANDI, 2017.
  13. R.H.Sianipar, “MATLAB Untuk Mahasiswa: Belajar dari Berbagai Studi Kasus”, ISBN: 9789792953190, PENERBIT ANDI, 2017.
  14. R.H.Sianipar, “Java Untuk Kriptografi”, ISBN: 9789792958836, PENERBIT ANDI, 2017.
  15. R.H.Sianipar, “Pemrograman Visual Basic .NET Untuk Pemula”, ISBN: 9789792958850, PENERBIT ANDI, 2017.
  16. R.H.Sianipar, “Dasar Pemrograman JavaScript, Langkah demi Langkah”, ISBN: 9789792966206, PENERBIT ANDI, 2017.
  17. R.H.Sianipar, “Belajar Cepat Pemrograman Query dengan MySQL”, ISBN: 9789792966848, PENERBIT ANDI, 2017.
  18. R.H.Sianipar, “Teori dan Aplikasi C++ dengan Contoh Lebih dari 280 Source Code”, ISBN: 9789792953916, PENERBIT ANDI, 2017.
  19. R.H.Sianipar, “Panduan Praktis PHP Dan MySQL Untuk Profesional”, ISBN: 9789792953206, PENERBIT ANDI, 2017.
  20. R.H Sianipar, “SIMULINK MATLAB: Belajar Dari Contoh”, ISBN: 9789792950328, Penerbit ANDI, 2016.
  21. R.H Sianipar, “PHP MySQL Langkah Demi Langkah”, ISBN: 9789792952810, PENERBIT ANDI, 2016.
  22. R.H Sianipar, “Pemrograman Database Menggunakan MySQL”, ISBN: 9789792951172. PENERBIT ANDI, 2016.
  23. R.H Sianipar, “JQuery: Belajar Dari Studi Kasus”, ISBN: 9789792952087, Penerbit ANDI, 2016.
  24. R.H.Sianipar, “JQuery dan Ajax untuk Web Designer”, ISBN: 9789792952094, PENERBIT ANDI, 2016.
  25. R.H Sianipar, “Pemrograman Matlab, 150+Soal dan Penyelesaian”, ISBN: 9789792950373, Penerbit ANDI, 2015.
  26. R.H.Sianipar, “Kasus dan Penyelesaian Visual Basic .NET”, ISBN: 9786021514634, PENERBIT INFORMATIKA, 2015.
  27. R.H.Sianipar, “Struktur Data Dengan Pemrograman Generik”, ISBN: 9789792947519, PENERBIT ANDI, 2015.
  28. R.H.Sianipar, “Pemrograman Java Untuk Programer”, ISBN: 9789792947823, PENERBIT ANDI, 2015.
  29. R.H.Sianipar dan Hamzan Wadi, “Pemrograman Pyhton: Teori dan Implementasi”, ISBN: 9786021514740, PENERBIT INFORMATIKA, 2015.
  30. R.H.Sianipar, “Pemrograman C: Soal dan Penyelesaian”, ISBN: 9789792950649, PENERBIT ANDI, 2015.
  31. R.H.Sianipar, “Soal dan Penyelesaian Visual Basic”, ISBN: 9789792946123, PENERBIT ANDI, 2015.
  32. R.H.Sianipar, “Soal dan Penyelesaian Visual C++”, ISBN: 9789792946772, PENERBIT ANDI, 2015.
  33. R.H.Sianipar, “Pemrograman JavaScript: Teori dan Implementasi”, ISBN: 9786021514689, PENERBIT ANDI, 2015.
  34. R.H.Sianipar, “HTML 5 dan CSS 3: Belajar dari Kasus”, ISBN: 9786021514672, PENERBIT ANDI, 2015.
  35. R.H.Sianipar, “Soal & Penyelesaian C++”, ISBN: 9786021514641, PENERBIT INFORMATIKA, 2015.
  36. R.H.Sianipar, “Membangun Web dengan PHP/MySQL untuk Pemula dan Programer”, ISBN: 9786021514627, PENERBIT INFORMATIKA, 2015.
  37. R.H.Sianipar, “Rangkaian Listrik”, ISBN: 9789793784755, PENERBIT INFORMATIKA, 2015.
  38. R.H Sianipar, “Java: Teori, Algoritma, dan Aplikasi”, ISBN: 9789792921212, PENERBIT ANDI, 2014.
  39. R.H.Sianipar, “Panduan Praktis C#.NET Bagi Pemula”, ISBN: 9789792945485, PENERBIT ANDI, 2014.
  40. R.H.Sianipar, “Soal, Kasus, dan Penyelesaian Pemrograman Java”, ISBN: 9789792945478, PENERBIT INFORMATIKA, 2014.
  41. R.H.Sianipar, “Pemrograman Visual C#”, ISBN: 9786021514450, PENERBIT INFORMATIKA, 2014.
  42. R.H.Sianipar, “Belajar Dasar Pemrograman Visual Basic Melalui Contoh Untuk Menjadi Seorang Programer Visual Basic yang Mahir dan Tangguh”, ISBN: 9786021514382, PENERBIT INFORMATIKA, 2014.
  43. R.H.Sianipar, “Pemrograman C++ Untuk Pemula”, ISBN: 9786021514320, PENERBIT INFORMATIKA, 2014.
  44. R.H.Sianipar, “Belajar Dasar Pemrograman C# Melalui Contoh untuk Menjadi Seorang Programmer C# yang Mahir dan Tangguh”, ISBN: 9786021514337, PENERBIT INFORMATIKA, 2014.
  45. R.H.Sianipar, “Pemrograman Internet Dengan XHTML, CSS, dan JavaScript dan DHTML”, ISBN: 9786021514344, PENERBIT INFORMATIKA, 2014
  46. R.H.Sianipar, “Teori dan Implementasi Pemrograman Berorientasi Objek Menggunakan C++”, ISBN: 9789792933123, PENERBIT ANDI, 2013.
  47. R.H Sianipar, “Pemrograman MATLAB dalam Contoh dan Penerapan”, ISBN: 9786028758994, PENERBIT INFORMATIKA, 2013.
  48. R.H Sianipar, “MATLAB untuk Pemrosesan Citra Digital”, ISBN: 9786021514115, Penerbit INFORMATIKA, 2013.
  49. R.H.Sianipar, “C++ Untuk Programer”, ISBN: 9786021514108, PENERBIT INFORMATIKA, 2013.
  50. R.H.Sianipar, “Teori dan Implementasi JAVA”, ISBN: 9786028758949, PENERBIT INFORMATIKA, 2013.
  51. R.H.Sianipar, “Pemrograman dan Struktur Data C”, ISBN: 9786021514122, PENERBIT INFORMATIKA, 2013.
  52. R.H.Sianipar, “Java: Algoritma, Struktur Data, dan Pemrograman GUI”, ISBN: 9786028758987, PENERBIT INFORMATIKA, 2013.
  53. R.H.Sianipar, “Pemrograman C++: Dasar Pemrograman Berorientasi Objek”, ISBN: 9789792931846, PENERBIT ANDI, 2012.
  54. R.H.Sianipar, “Pemrosesan Sinyal Digital”, ISBN: 9789792931013, PENERBIT ANDI, 2012.



Ebook Diterbitkan Oleh SPARTA Publishing
  1. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Pemrograman Java Mulai Dari Nol Sampai Master”, Sparta Publishing, November 2018.
  2. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “JavaScript Dari A Sampai Z”, Sparta Publishing, Desember 2018.
  3. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “PHP/MySQL Untuk Mahasiswa dan Pembelajar Mandiri”, Sparta Publishing, Desember 2018.
  4. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Java Untuk Grafika Komputer dan Animasi”, Sparta Publishing, Desember 2018.
  5. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “MATLAB Untuk Mahasiswa dan Peneliti”, Sparta Publishing, Juni 2018.
  6. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Pemrograman Java Untuk SMA/SMK Sederajat”, Sparta Publishing, November 2018.
  7. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “HTML dan CSS3: Soal dan Penyelesaian”, Sparta Publishing, November 2018.
  8. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Pemrograman C++: Question And Answer”, Sparta Publishing, November 2018.
  9. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Pemrograman Java Untuk SMA/SMK Sederajat”, Sparta Publishing, November 2018.
  10. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Langkah Demi Langkah Pemrograman Database Dengan Java/MySQL”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  11. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Konsep dan Praktek Pemrograman MATLAB: Matriks, Citra Digital, Komputasi Numerik, dan Persamaan Differensial”, Sparta Publishing, Desember 2018.
  12. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Visual Basic: Cookbook”, Sparta Publishing, Desember 2018.
  13. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Pemrograman C++ Untuk SMA/SMK dan Mahasiswa”, Sparta Publishing, Maret 2019.
  14. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “C# .NET: Belajar Dari Nol Sampai Master”, Sparta Publishing, Desember 2018.
  15. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Langkah Demi Langkah Pemrograman Aplikasi Dengan GUI Python”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  16. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Grafika Dalam JavaScript: Seri Belajar Cepat”, Sparta Publishing, Oktober 2018.
  17. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Pemrograman PHP/MySQL: Cookbook”, Sparta Publishing, Oktober 2018.
  18. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Metode-Metode Pengolahan Citra: Disertai Banyak Kode MATLAB”, Sparta Publishing, November 2018.
  19. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “PHP/MySQL Untuk Mahasiswa”, Sparta Publishing, Juni 2018.
  20. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Pemrograman Java: Question And Answer”, Sparta Publishing, Desember 2018.
  21. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Dasar CSS dan JavaScript”, Sparta Publishing, November 2018.
  22. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Pemrograman Visual Basic Dari A Sampai Z”, Sparta Publishing, Desember 2018.
  23. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Pemrograman C++: Cookbook”, Sparta Publishing, November 2018.
  24. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Konsep dan Praktek C++”, Sparta Publishing, Oktober 2018.
  25. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Teori dan Implementasi Pemrograman PHP/MySQL Untuk Web Developer”, Sparta Publishing, Juli 2019.
  26. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Fundamental C++: Konsep Dasar dan Praktek”, Sparta Publishing, Desember 2018.
  27. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Pemrograman Java: Cookbook”, Sparta Publishing, Desember 2018.
  28. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Teori dan Praktek C++: Cocok Bagi Programmer dan Profesional”, Sparta Publishing, Desember 2018.
  29. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Visual Basic .NET: Question And Answer”, Sparta Publishing, Desember 2018.
  30. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Koleksi Projek C# .NET: Kriptografi, Watermarking, Steganografi, Pengkodean Data, Algoritma, dan  Grafika 2D & 3D”, Sparta Publishing, Juni 2019.
  31. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Membangun Dari Nol Sistem Manajemen Database Sekolah dengan Python/MySQL”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  32. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Sistem Manajemen Database Access & SQL Server Dengan Visual Basic .NET”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  33. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Langkah Demi Langkah Pemrograman Database Menggunakan Java/PostgreSQL”, Sparta Publishing, Juni 2019.
  34. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Langkah Demi Langkah Pemrograman Database Access dan SQL Server Dengan Visual Basic .NET”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  35. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Java/MySQL Untuk Sistem Manajemen Database Jejak Kriminal”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  36. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “PHP dan MySQL Untuk Programmer dan Web Developer”, Sparta Publishing, Desember 2018.
  37. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Langkah Demi Langkah Pemrograman Database Dengan Python/PostgreSQL”, Sparta Publishing, Juni 2019.
  38. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Teori dan Praktek Pemrograman Python”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  39. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Konsep dan Implementasi Pemrograman Python”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  40. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Java/MySQL: Membangun Dari Nol Sistem Manajemen Database Sekolah”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  41. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Langkah Demi Langkah Membangun Sistem Manajemen Database Dengan Python/MySQL”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  42. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Pemrograman GUI Python: Menciptakan Sendiri Aplikasi Editor Teks, E-Drum, Game Catur, dan Paint”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  43. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Tutorial Java: GUI, Grafika, dan Animasi”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  44. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Langkah Demi Langkah Pemrograman Database Dengan Visual C# .NET”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  45. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Visual C# .NET: Pemrograman, Database, dan Web”, Sparta Publishing, Desember 2018.
  46. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Teori dan Praktek Manajemen Database Dengan Java/MySQL”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  47. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Database dan Kriptografi Menggunakan Java/MySQL”, Sparta Publishing, Juni 2019.
  48. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Teori dan Aplikasi Pemrograman PHP/MySQL Untuk Programmer”, Sparta Publishing, Juli 2019.
  49. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Belajar Mandiri Pemrograman Java: PBO dan GUI”, Sparta Publishing, Juli 2019.
  50. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Langkah Demi Langkah Membangun Sistem Manajemen Database Access dan SQL Server Dengan Visual C# .NET”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  51. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Langkah Demi Langkah Pemrograman Game Dengan Visual Basic .NET”, Sparta Publishing, Juni 2018.
  52. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Koleksi Projek Visual Basic .NET dan Visual C# .NET”, Sparta Publishing, Juni 2019.
  53. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Pemrograman C: Konsep dan Implementasi”, Sparta Publishing, Desember 2018.
  54. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Struktur Data Dengan Java Untuk Mahasiswa dan Peneliti”, Sparta Publishing, Desember 2018.
  55. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Sistem Manajemen Database Dengan Python/MySQL”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  56. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Langkah Demi Langkah Pemrograman Java Untuk GUI dan Animasi”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  57. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Visual Basic .NET Untuk Mahasiswa dan Peneliti”, Sparta Publishing, Desember 2018.
  58. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Pemrograman Database Access dan SQL Server Menggunakan Visual C# .NET”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  59. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Visual C# .NET Untuk Mahasiswa dan Peneliti”, Sparta Publishing, Desember 2018.
  60. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Teori dan Praktek Pemrograman Animasi dan Game dengan Visual Basic .NET”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  61. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Langkah Demi Langkah Pemrograman Database SQLite dan MySQL dengan GUI Python”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  62. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Pemrograman GUI Python dan Database: Widget PyQt, SQLite, MySQL, dan Grafika”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  63. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Pemrograman Animasi dan Game Dengan Visual Basic .NET”, Sparta Publishing, Mei 2019.
  64. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Pemrograman C Untuk SMA/SMK dan Mahasiswa”, Sparta Publishing, November 2018.
  65. Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar, “Sistem Manajemen Database Access dan SQL Server Dengan Visual C# .NET”, Sparta Publishing, Mei 2019.



Pelatihan Digital Forensics and Watermarking

5th International Workshop, IWDW (International Workshop on Digital Forensics and Watermarking) 2006, Jeju Island, Korea, 2006.

3rd International Workshop, IWDW (International Workshop on Digital Forensics and Watermarking) 2004.



Pengalaman Membimbing Mahasiswa

Telah membimbing ratusan mahasiswa sarjana dan pascasarjana dengan topik-topik yang berkaitan dengan pemrosesan citra digital, pemrosesan video digital, keamanan data citra/video, otentikasi data citra/video, kriptografi, steganografi, watermarking, integritas data citra/video/audio, kemananan database, dan pemrosesan sinyal digital.



Pengalaman Analisis Forensik Untuk Konten Video

Post-Doktoral di Universitas Yamaguchi 2008-2010 dengan kajian utama Forensic Analysis: Authentication and Integrity of Video Content.


URL Google Scholar
https://scholar.google.co.id/citations?user=3rQI5kUAAAAJ&hl=id&oi=ao


URL SINTA RISTEK DIKTI
http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6669177&view=book


URL goodreads
https://www.goodreads.com/author/list/7708667.R_H_Sianipar


URL Indonesia One Search Perpusnas
http://onesearch.id/Search/Results?lookfor=rh+sianipar&type=AllFields&limit=20&sort=relevance


No comments: